Tuesday, November 20, 2012

Sabar adalah

Sabar adalah suatu potret kesetabilan jiwa yang ditandai oleh kemampuan orang untuk mengendalikan diri, lebih mengutamakan pikiran daripada perasaan. Kestabilan emosi ini juga terlihat dari cara mereka bereaksi terhadap setiap permasalahan, tidak reaktif dan tidak meledak-ledak. Indikator yang paling sederhada dari sebuah kesabaran adalah tidak mudah marah.
Just share bro... Beberapa hari yagn lalu kartunmania lihat seorang Bapak bertengkar dengan istrinya gara-gara pulang dari kantor melihat jidat anaknya yg berumur 4 tahun benjol. Ada beberapa kemungkinan yang berkecamuk di benak kartunmania :




  • Bapak itu punya sifat jelek dan pemarah, masalah sepele aja bisa jadi rame. Atau, mungkin bapak itu sedang ada masalah di tempat kerja.

  • Bapak itu baik, karena kemarahannya adalah wujud betapa sayangnya dia kepada anaknya.

  • Bapak itu bodoh, karena tidak punya konsep yang benar tentang perkembangan anak. Jatuh adalah sebuah punishment bagi anak akibat dari sikap tidak hati-hati. Dari kejadian ini tentunya anak akan belajar untuk lebih berhati-hati.


Sebenarnya akan lebih bijaksana jika si bapak justru memberikan perhatian kepada anak tanpa rasa marah. Cukup diambilkan obat (meski sebelumnya sudah di-zambuk) dan diolehkan lagi ke jidat anak sambil memberikan pengertian tentang perlunya sikap hati-hati. Perhatian ini akan menimbulkan rasa rasa aman bagi sang anak dan selanjutnya akan berpengaruh positif terhadap hubungan ortu dan anak.


Okeeh.. ilustrasi kesabaran di atas ternyata sangat berbeda dengan ilustrasi kartun berikut ini... Kartun yang ini seting lokasinya di jalanan, tapi esensinya tetap sama bro... Kesabaran! Semoga kita semua jadi orang-orang yang sabar... amin.. :)


Kartun Pikiran Rakyat, 22 Juli 2012


JOKIS & NAIS - Karya : R. Amdani & Kipod

"Sabar tingkat tinggi.." :batas



YAYAT CEKING - Karya : Rond & A'doen


"Khas Ramadan" :)



PERI dan ACIL - Karya : Nada dan Ali


Potret aktivitas Peri dan Acil cs... :)



Tak & Dut - Karya : Aan Iskandar


"Inilah penyebab kenapa Naruto tidak puasa" :mrgreen:












Mutiara kata hari ini

"Seorang pemenang yang sebenarnya adalah orang yang mampu mengendalikan kemarahan dengan kesabarannya dan memaafkan dengan ketulusannya"

Badrun



EmoticonEmoticon