Sunday, December 29, 2013

Potret Perlintasan Kereta Api

Kejadian tabrakan atau lebih tepatnya tertabraknya truk tangki berisi BBM dengan KRL di Bintaro beberapa minggu yang lalu, hanyalah sebuah gumpalan es yang muncul di permukaan lautan. Sebuah peristiwa yang sudah diprediksi bakal terjadi jika kita melihat berbagai fakta yang sangat menunjang asumsi tersebut.


Kepala Humas PT Kereta API Daops IV, Eko Budiyanto, mengatakan, dari 700 lebih perlintasan kereta api sebidang, hanya ada 109 perlintasan yang dijaga oleh petugas.
"Jumlah total di Daop IV 704 perlintasan, resminya hanya 506, perlintasan liar yang dibuat masyarakat 198 titik, yang dijaga 109 dan tidak dijaga 397," kata Eko, Selasa (17/12/2013). (okezone)


397 titik perlintasan tidak terjaga di Jateng. Itu yang tercatat, jumlah sebenarnya pasti lebih besar lagi dan itu hanya di daerah Jawa Tengah. Ini adalah fakta pertama.


Fakta kedua, sikap pemakai jalan yang tidak memperhatikan rambu-rambu perlintasan kereta api. Kejadian penyerobotan perlintasan kereta api itu jadi pemandangan sehari-hari. So, tidaklah heran jika penjaga perlintasan kereta api harus bekerja ekstra keras dengan langsung turun ke perlintasan dengan peluit dan bendera merahnya. Jokis dan Nais di bawah ini secara jeli mengamati adegan yang sering terjadi di perlintasan KA.


Dua hal ini adalah penyebab utama kejadian kecelakaan di perlintasan kereta api. So, sepenting apapun keperluan mas bro dan mbak sis, silakan berhenti jika sirene dan pintu penutup perlintasan KA sudah diturunkan.


Kartun Pikiran Rakyat, 15 Desember 2013

JOKIS & NAIS - Karya : R. Amdani & Kipod


"Potret situasi Lintasan Kereta Api..."


Jokis dan Nais

YAYAT CEKING - Karya : Rond & A'doen


"Timnas U-23 dan bla bla bla.." :)


yayat ceking


PERI dan ACIL - Karya : Nada dan Ali


Sedia payung sebelum hujan pun tidak cukup.. :)


Peri dan Acil



Tak & Dut - Karya : Aan Iskandar


"Burungnya belum disunat.." :batas
Tak - Dut












Mutiara Kata

"Sedia payung sebelum hujan, sedia sepatu bot sebelum banjir"

~Peri dan Acil~


EmoticonEmoticon