Thursday, November 28, 2013

Pahlawan, antara pengorbanan, perjuangan dan kebenaran

Tags

Setiap kita menyebut kata "pahlawan", yang terbersit di benak kita biasanya tidak jauh dari bambu runcing, ikat kepala merah putih, senapan, darah dan baju tentara. Gambaran itu muncul karena sejak kecil kita diberikan pelajaran sejarah tentang perjuangan Bangsa dan Rakyat Indonesia dalam usaha mengusir para penjajah dari Bumi Pertiwi ini. Jika menyimak dari Kamus Besar Bahasa Indonesia,Pahlawan adalah "n orang yg menonjol krn keberanian dan pengorbanannya dl membela kebenaran; pejuang yg gagah berani; "
So, sebenarnya kita sendiri bisa menjadi pahlawan. Tidak perlu bercita-cita terlalu muluk, cukup menjadi pahlawan bagi lingkungan kita sendiri, atau minimal pahlawan bagi keluarga kita. Indikator kepahlawanan yang utama adalah pengorbanan, perjuangan dan kebenaran. Ketika anda pindah dari sebuah lingkungan / kampung, dan masyarakat sekitarnya merasa kehilangan anda, itupun bisa dijadikan ukuran seberapa besar 'nilai kepahlawanan' anda di lingkungan tsb. Bekerja keras dengan penuh kedisiplinan dengan tujuan menafkahi keluarga pun bisa diartikan bahwa nilai kepahlawanan tsb ada dalam diri anda.


Okeeh, berikut ini kartun yang terkait dengan nilai-nilai kepahlawanan yang berkaitan dengan Hari Pahlawan 10 Nopember. Cekidot :)

Kartun Suara Merdeka edisi 10 Nopember 2013


Karya : Boedy HP


Nasib seorang pahlawan ... :)



Terong - Karya : Kak Jo


Semangat pantang menyerah ... :ngakaks



Karya : Farichin


Gatutkoco dan ayam terbang.... :mrgreen:



Karya : Diah Transhinta


Superman cari ikan .... :)



Karya : Bendot


Sialnya nasib pencari ikan... :ngakaks




Karya : Djoendari


Biro jodoh manula.... :mrgreen:













Kartunmania Today's


"Tidak ada kata 'tidak mungkin' jika kita yakin, disiplin dan mau bekerja keras"


~ Badrun ~


EmoticonEmoticon