Wednesday, June 9, 2010

Jakartaria : transportasi masal

Tags

Karikatur karya Bang Jitet dibawah ini menyiratkan bahwa transportasi masal yang sekarang ini beroperasi di jakarta - busway trans jakarta - ternyata belum sepenuhnya menyelesaikan masalah transportasi di ibu kota. Yup, setuju bang... Dasar pertimbangan anggapan ini tentunya adalah Fakta bahwa kemacetan ternyata tetap ada, bahkan ada lokasi tertentu yang lebih parah dari sebelumnya. Karena apa?




  • Perkembangan jumlah kendaraan meningkat sementara Jalur busway menggunakan jalur yang sudah ada, hanya dibuat private saja.

  • Benar, masyarakat pengguna busway yang notabenenya adalah masyarakat menengah ke bawah lebih diuntungkan. Tapi idealnya, keuntungan tersebut seharusnya tidak menimbulkan kerugian bagi pihak lain.


So?




  • Menurut kartunmania, Busway sebagai bentuk transportasi ibukota kayaknya memang tidak bisa dihilangkan, namun untuk meningkatkan penggemar angkutan masal, terutama dari kalangan menengah ke atas, perlu dipikirakan alternatif lain. Proyek kereta monorel yang sudah mulai jalan harus cepat dirampungkan. Kalau memungkinkan, Kereta api bawah tanah mau tidak mau harus mulai dikerjakan dan tidak hanya dipikirkan. Prinsipnya, alternatif baru ini jangan sampai menggunakan jalur yang lama, karena tidak akan optimal. Ingat, kereta bawah tanah ini sudah terbukti efektif di kota-kota besar manca negara....


Kartun Kompas edisi 23 April 2010
Karya :Jitet





EmoticonEmoticon