Thursday, April 29, 2010

Peraturan penggunaan helm SNI

Tags

Peraturan Penggunaan helm berstandar nasional yang sempat hangat dibicarakan di forum-forum maupun blog ternyata hangat juga dibicarakan di warung-warung kopi ataupun di pos ronda. Ketidak jelasan penyampaian (baca: sosialisasi) peraturan tersebut ke masyarakat menyebabkan ada beberapa penolakan, hal ini diperparah lagi dengan kondisi masyarakat kita yang memang masih ada sebagian yang tidak peduli terhadap dirinya sendiri. Satu hal yang perlu kita renungkan adalah, bukalah pikiran anda (open mind) untuk mencoba mengerti sesuatu. Peraturan tersebut dibuat karena memang ada fakta yang yang memprihatinkan tentang angka kecelakaan yang melibatkan sepeda motor :




  • Data Global Road Safety Partnership (GRSP), lembaga internasional berbasis di Jenewa, menyebutkan 84 persen kecelakaan di jalan raya melibatkan sepeda motor, dan 90 persen korbannya menderita luka parah di kepala. Sedangkan berdasarkan data statistik yang dikeluarkan oleh Departemen Perhubungan, pada tahun 2008 menyebutkan, dari 130.062 kendaraan yang terlibat dalam 56.584 kecelakaan lalu lintas yang terjadi, 95.209 di antaranya adalah sepeda motor (73 % dari total kendaraan yang terlibat).

  • Kecelakaan selama arus mudik dan arus balik s/d H+13, tercatat 1.437 kasus kecelakaan, sekitar 70.79% atau sebanyak 1.372 kasus, merupakan kecelakaan yang melibatkan pengendara sepeda motor. Jumlah korban tewas mencapai 593 jiwa atau setara dengan 45 jiwa per hari.


Untuk info selengkapnya silakan ke www.bsn.go.id


Pro kontra soal penerapan peraturan ini memang masih ada dan itu sudah lazim mengingat adanya perbedaan mata, perbedaan telinga dan perbedaan kepentingan. Sasaran utama sebenarnya adalah pengendara sepeda motor yang menggunakan helm proyek, helm cetok dan bukan pengguna helm klas atas yg sudah berstandar internasional. Tapi khusus helm produksi dari Negeri matahari terbit yang dipakai Benny & Mice ini memang seharusnya ditilang aja..... hahahaha...


Kartun Kompas edisi 25 April 2010

BENNY & MICE - Karya : Benny Rachmadi [Benny] dan Muhammad Misrad [Mice]



SUKRIBO - Karya : Ismail



TIMUN - Karya : Rachmat Riyadi (Libra)



PANJI KOMING - Karya : Dwi Koen



KONPOPILAN - Karya : Ade R.


Humor adalah hal-hal lucu yang bisa membuat kita ketawa ngakak,
gak peduli itu mentertawakan keadaan dan situasi,
orang lain atau bahkan mentertawakan diri sendiri…
But, jangan jalan sambil senyum-senyum atau ketawa sendirian bro…
.


 


EmoticonEmoticon