Thursday, June 9, 2011

Kartun Hari Kartini

Tags

Hari kartini yang diperingati setiap tanggal 21 April seakan identik dengan sanggul dan kebaya jawa. Dari siswa putri TK s/d SMU beramai merawakannya dengan menggunakan pakaian itu. Yup, meniru pakaian yang dipakai Ibu Kartini pada saat itu. Apa sih sebenarnya tujuan dari kegiatan itu? Sekedar mengingat beliau dengan perjuangannya menuntut emansipasi wanita kah? Atau merupakan wujud penghargaan terhadap jasa beliau? Atau... dan atau... ?




Emansipasi wanita adalah  proses pelepasan diri para wanita dr kedudukan sosial ekonomi yg rendah atau dr pengekangan hukum yg membatasi kemungkinan untuk berkembang dan untuk maju. sumber KBBI



Kayaknya kita sepakat bahwa inti perjuangan Kartini adalah Emansipasi Wanita. Pertanyaannya adalah, sudahkah emansipasi wanita yang diidam-idamkan tersebut terwujud? Jawabannya relatif, tp relatifnya kartunmania sih, sudah terwujud... Ibu Megawati Sukarno Putri adalah buktinya. So, rangkaian peringatan Hari Kartini di Sekolah-sekolah kayaknya lebih merupakan usaha penanaman semangat dan cinta tanah air. Bagaimana menurut anda?


Para kartunis indonesia pun ikut merayakan hari kartini lho.. ini dia parade kartunnya.. :)

Kartun Tabloid Bola edisi 21 April 2011


SPORT Cartoon Sepakbolaria - Karya : nunk (Hanung Kuncoro)


Sepakbola wanita dan Ulat Bulu..... :mrgreen:



Karya : Bambang Sulistyo - Umbrella Mom



Karya Hanza - Kasih Ibu sepanjang masa.. :)



Karya : Afi - Loncat galah kemben













Mutiara kata hari ini

"Yang utama bagi kita bukannya memandang yang samar-samar di tempat yang jauh, tetapi berbuat apa yang jelas di hadapan kita."

Thomas Carlyee



EmoticonEmoticon