Wednesday, May 15, 2013

Diskriminasi pelayanan kesehatan

Tags

Benarkah ada diskriminasi pelayanan kesehatan di rumah sakit terhadap pasien dari kalangan rakyat miskin? Jika anda termasuk yang mempunyai pengalaman seperti itu, tentu akan menjawab YES. Namun untuk mendapatkan data yang valid, kita simak hasil penelitian ilmiah Arief Rachmat Fauzi, mahasiwa UGM berikut ini..




Jakarta, Kompas - Pasien miskin dan pengguna jaminan kesehatan sosial tetap diam meski mengalami diskriminasi layanan rumah sakit. Mereka terpaksa menerima ketidakadilan itu karena tak tahu hak dan kewajibannya.
"Orientasi profit rumah sakit membuat pasien yang mampu membayar mendapat layanan lebih berkualitas daripada pasien miskin," kata Arief Rachmat Fauzi, pemenang pertama Pemilihan Peneliti Remaja Indonesia Ke-11 untuk kategori Ilmu Pengetahuan Sosial dan Kemanusiaan, di Jakarta, Kamis (27/9).


Arief adalah mahasiswa Jurusan Manajemen dan Kebijakan Publik Universitas Gadjah Mada. Penelitian tentang diskriminasi layanan publik itu dilakukan di sebuah rumah sakit umum besar di Yogyakarta. Menurut hasil penelitian, diskriminasi dilakukan semua petugas rumah sakit, mulai dokter hingga petugas kebersihan, dan terjadi sejak pendaftaran pasien hingga pelaksanaan operasi.


Di loket pendaftaran, pasien dengan jaminan kesehatan sosial akan dilayani terakhir meski mereka datang lebih awal. Jumlah loket bagi mereka lebih sedikit. read more..

Kalau emang kondisinya seperti ini, mau apa lagi?? Bisanya cuman berdoa, semoga komplain-komplain dan penelitian seperti yang dilakukan Mas Arief ini, bisa memacu pihak-pihak terkait untuk memperbaiki diri. Dan yang tak kalah pentingnya, selalu menjaga kesehatan kita. Selamat bermalam jum'at..... :kimpoi


Kartun harian Warta Kota edisi 24 Pebruari 2013


Bangkot - Karya : Hendratno


Diskriminasi pelayanan RS terhadap rakyat miskin... :(



Karya : - - Sedia payung sebelum hujan batu .. :ngakaks



Karya : Darsono - WC Umum pun tak luput dari gusuran.. :mrgreen:



Karya : Bagong - Bunuh diri pake remote kontrol...... :ngakaks



Karya : Iponk - Akrobat naik sepeda di atas jenggot... :batas













Kartunmania Today's



"Keberhasilan adalah kemampuan untuk melewati dan mengatasi segala rintangan tanpa kehilangan semangat~


~ Badrun ~


EmoticonEmoticon