Thursday, August 19, 2010

Konsultasi seks : Ukuran testis anak berbeda

Tags

Diasuh oleh : Hudi Winarso, Androlog


Pertanyaan :
Dokter, anak saya berusia lima tahun. Setelah saya lihat, ukuran buah pelirnya ternyata tak sama. Yang kanan terlihat lebih besar daripada yang kiri. Berbahaya atau tidak? Perlukah ditangani?


YUNIAS, Surabaya


Jawab :
Rasanya tidak berlebihan jika menyebut testis/biji pelir adalah organ laki-laki yang secara fungsi amat fital. Testis adalah pabrik hormon dan benih (spermatozoa)
Hormon testosteron menentukan kelelakian seseorang, memunculkan ketertarikan seksual, menjadikan suara lebih ngebas. Juga, terkait pertumbuhan rambut kumis dan pubes, otot lebih kekar, pertumbuhan testis, serta penis. Sedangkan sperma penting dari aspek reproduksi dan keharmonisan suami-istri dalam keluarga.
Tentang testis anak, jika jumlahnya sudah lengkap dua biji dan berada di dalam kantung zakar, itu merupakan suatu poin kondisi yang baik. Yang masih perlu dicermati adalah volume testis. Volume atau ukuran testis akan mencapai ukuran yang baik ketika anak memasuki usia puber. Yaitu antara 10 - 14 tahun. Sedangkan produksi hormon testoteron terkait dengan proses pubertas terjadi mulai usia delapan tahun.
Anak yang berumur lima tahun belum memasuki persiapan pertumbuhan hormon testoteron. Saat itu ukuran testis belum bisa dijadikan patokan ukuran. Apalagi jika dibandingkan dengan punya ayahnya laki-laki yang sudah memasuki masa puber.
Masalah ukuran testis yang tidak sama antara kiri dan kanan tak perlu dirisaukan. Anak juga tak perlu penatalaksanaan secara khusus. Kecuali, jika ada perbedaan ukuran testis yang ekstrim antara testis kanan dan kiri. Misalnya sebelah kiri sebesar kelereng, sebelah kanan sebesar bola golf.
Upayakan anak-anak lebih minimal terpapar dengan bahan yang berpotensi merusak fungsi reproduksi. Beberapa bahan itu antara lain, palutan plastik yang disebut methoxy ethanol (2-ME), insektisida yang banyak terdapat pada bahan sayur dan buah dan bahan tertentu dalam pengawet makanan (c10/nda)


Jawa pos edisi 29 April 2010


Atikel terkait :
- Sering Ngeseks Encerkan Sperma?
- Kondom Sobek
- Mual gara-gara Pil KB
- Cara memilih kondom yang baik


EmoticonEmoticon