Monday, January 30, 2012

Cara Pemecahan masalah yang bijak

Tags

Setiap orang pasti punya masalah, baik yang besar maupun yang kecil. Besar kecilnya sebuah masalah terkadang tidak terletak pada masalah itu sendiri, namun lebih karena apresiasi orang terhadap masalahnya. Contoh sederhananya begini, dua orang pelajar SMP sama-sama mendapatkan nilai 5, Si A enjoy aja dengan kondisi tersebut, sementara si B sampai gak bisa tidur memikirkan nilai buruknya. Tidak ada rumus baku, bagaimana seharusnya menyikapi permasalahan ini... Untuk permasalahan tunggal seperti ini, si pelajarlah yang  memegang kunci kendali.. Bagaimana jika permasalahan lebih komplek?


Standar pemecahan masalah sebenarnya ada beberapa tahap utama : kumpulin data yg lengkap dan berimbang, dalami latar belakangnya, tentukan kemungkinan inti masalahnya, susun langkah2 pemecahannya, jalankan,  monitoring - jika gagal, kembali analisa inti permasalahnnya atau balik ke awal banget, kumpulin data2 baru...  Simpel kan? Yup, jika cuman ngomong doang.. :mrgreen:


Kenyataan dilapangan tidaklah semudah teori tersebut, banyak orang suka men-justifikasi sebuah masalah tanpa berusahan menganalisa berdasarkan data-data yang ada... Atau ada dua kepentingan yang saling bertentangan... Ini yang paling susah untuk didamaikan... Mungkin, undian menjadi salah satu alternatif pilihan... syaratnya cuma 1, harus iklas menerima segala hasil undian tersebut, seiklas si gundul yang terpaksa ber-radio-ria... :ngakaks


Kartun Tabloid Bola edisi 17 Nopember 2011


SPORT Cartoon Sepakbolaria - Karya : nunk (Hanung Kuncoro)


Dilema antara sepakbola dan sinetron... :ngakaks



Karya : Najib - Si Komo, pemandu wisata pulau komodo.. :mrgreen:



Karya : Ahoen - Susahnya Pejabat tuan rumah kejuaraan panjat tebing... :(



Karya : Bagiyo Bebengan - Kejuaraan Kano antar Pekerja Cleaning Service... :(



Karya : Dharsono - Ternyata Penghuni Kos Putri adalah Sea Games mania... :(



Karya : Rafifa - Bukan Loncat Galah tapi Lomba loncat ekor antar komodo... Kalau kuda loma loncat apa yo?  :mrgreen:



Karya : Pluto - Lomba loncat Indah kelas jembatan ampera... :(













Mutiara kata hari ini


Diam membisu lebih baik daripada berbohong, lisan yang jujur awal dari kebahagiaan..

~ Anu



EmoticonEmoticon