Saturday, July 3, 2010

Jakartaria : Phobia Tabung Gas

Tags

Maraknya pemberitaan soal kecelakaan sekitar meledaknya tabung gas di beberapa media massa akhir-akhir ini, memberikan berbagai dampak :




  • Pemerintah akan menarik peredaran tabung gas dan aksesorisnya (regulator dan selang) yang tidak berstandar SNI. Untuk tahap pertama, produk pengganti selang dan regulator tabung yang dinilai sudah kedaluwarsa dan diperkirakan ada yang tidak sesuai dengan SNI, akan dijual di Provinsi Jawa Barat dan DKI Jakarta. Harganya? Menurut Pertamina sih, sesuai dg harga pabrik, tapi berapanya yang kami tidak tahu. Mungkin tayangan Liputan 6 SCTV ini bisa membantu.



  • Semakin banyak masyarakat yang peduli terhadap segi keamanan penggunaan elpiji, terbukti dengan meningkatnya trafik pengunjung kartunmania yang datang dari searc engine dg membawa kata kunci "tips menggunakan kompor gas yang aman"



  • Ada juga sebagian masyarakat yang takut dan berusaha kembali lagi ke kompor minyak tanah. Emang sih, kalo dasarnya udah mengidap kompor gas phobia, tentunya susah untuk mengobatinya. Untuk kelompok yang ini, tidak mungkin memaksakan program konfersi minyak tanah, krn rasa aman adalah Kebutuhan vital kedua yang azasi, setelah kebutuhan faal/biologis (makan, minum, seks).


Okeeh, semoga mimpi buruk kasus meledaknya tabung gas LPG tidak benar jadi kenyataan, dengan catatan kita sebagai pengguna tetap waspada terhadap peralatan dan cara pemakaiannya yang benar serta setiap pihak yang terkait dari pedagang, pengecer, sampai ke Pertamina ikut peduli terhadap kemanan penggunaan tabung elpiji. Amin.


Kartun Kompas edisi 30 April 2010
Karya : Didie SW





EmoticonEmoticon